:::: MENU ::::

Friday, October 6, 2017





Hi sahabat Arbor kali ini Arbor akan menulis tentang apa itu A PASHA, apa penyebabnya, dan bagaimana contoh dari kelainan A Pasha. 

A. Pengertian 
     A Pasha secara etimologi berasal dari dua kata “A” yang berarti “without atau tanpa” dan “Pasha” yang berarti “ speech atau bicara”. Sedangkan menurut terminology-nya, A Pasha berarti inability to comprehend and formulate language because of the damage of the brain parts that manage language (ketidak-mampuan untuk memahami and merumuskan bahasa karena diakibatkan oleh kerusakan pada bagian otak yang mengatur/mengelola bahasa).

B. Penyebab
Penyebab dari A Pasha ialah progressive neurologis disorder, tumor, dan stroke. '

C. Contoh
Contoh bahasa yang dituturkan oleh penderita A Pasha sebagai berikut;
a. Kalimat yang ingin dia katakan
    The dog needs to go out so I will take him for a walk.
    Anjing ingin keluar jadi saya akan membawanya untuk jalan-jalan.
b. Kalimat yang ia ucapkan atau ia tuturkan
   You know that smoodle pinkered and that I want to get him round and take care of him like you want before.
    Kau tahu anjing itu, dan saya akan membawanya untuk berkeliling dan menjaganya seperti yang    kau inginkan sebelumnya.

D. Kesimpulan
    A Pasha bermasalah dalam merespon atau mengeluarkan apa yang ingin dikatakannya. Akan tetapi, penderita A Pasha paham dan mengerti apa yang sebenarnya ingin ia katakan atau dengan kata lain pemahaman dan kecerdasan mereka masih berjalan, mereka hanya kesulitan dalam berbicara.
Jadi, bisa saya simpulkan bahwa A Pasha ialah salah satu kelainan yang mempengaruhi produksi bahasa yang diakibatkan oleh kerusakan pada otak. Bisa dikatakan bahwa penderita A Pasha kesulitan dalam mengungkapkan maksudnya, apa yang mereka katakan terkadang panjang lebar padahal maksud mereka simple/sederhana.
  Penjelasan mengenai A Pasha ini saya dapatkan di bangku kuliah pada pembelajaran Psycholinguistics yang di bawakan oleh salah satu dosen inspiratif menurut saya thanks Mr.Awaluddin Syamsu S.PdI,MA,TESOL. Jangan lupa baca artikel psycholinguistics lainnya di Arbor Azure yah guys, see u in my next article.
Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Post a Comment